[HK - Macau Trip] Macau in A Glance

1:56:00 PM

Assalamu'alaikum Guys..

Halo, this will be my first post in this new year, 2016. Semoga ke depan makin rajin nulisnya dan semoga ada yang baca, hahaha dan bermanfaat buat yang lain juga.

I thought it was quite hard to go to new places with language barrier like Hongkong and Macau when the people mostly speak cantonesse and i only speak indonesia and a lil bit english. But actually it's not impossible at all.

Setelah berjibaku dengan pencarian receh di Macau seperti yang udah aku ceritain disini

Akhirnya petualanganku dimulai... ini merupakan itin pertama yang udah disusun dengan sangat baik dari Jakarta

10.05

Macau airport-macau ferry terminal

Stop ke 6

Macau Ferry Terminal
Beli tiket pulang jam 18.30 (titipin tas dulu di pelabuhan)
11.30
16.30
Explore Macau

- Dari macau ferry terminal jalan ke fisherman wharf

- Macau fisherman wharf, naik bis 3A ke senado square

-  beli portugese egg tart di koi kei bakery di senado suare

- Ruin de st paul cari magnet kulkas

- monte fort

- macau museum

- jalan ke grand lisboa hotel, jalan ke wynn hotel

- naik shuttle wynn ke outer harbour terminal

- naik bis shuttle city of dreams

- city dream hotel (liat putri duyung)

- Venetian hotel (canal shop)
17.00
17.30
Macau
naik shuttle bus venetian ke macau ferry terminal
18.05
19.05
Ferry
Macau - Hongkong (kowloon)

begitu keluar dari gedung Anda harus jalan arah ke kanan,

jalan ke ashley road, makan di ebezeener, jalan ke hotel

Namun, karena terjadi drama receh. Aku cuma punya sisa waktu 4 jam untuk explore Macau karena aku udah pegang tiket Ferry dengan tujuan Hongkong (Kowloon) untuk pukul enam sore. So, rencana perjalanan harus diombak ulang dan akhirnya cuma sempet ke 2 tempat aja. Itupun pake drama nyasar dan salah bus pun :'(

Tempat pertama yang aku kunjungin adalah :

Macau Fisherman's Wharf

Alasan kesini adalah karena penasaran sama replika colloseum yang ada disini dan kebetulan dekat dengan terminal ferry. Tempat ini instagram-able banget lho. Walopun sebenernya kurang jelas juga sih sebenernya ini tempat apa. Dari yang aku baca, tempat ini merupakan theme park pertama Macau serta pusat perbelanjaan yang memiliki luas lebih dari 111.500 meter persegi, dimana 40 persennya direklamasi dari laut. Tapi kok ya sepi banget dan seperti ga ada aktivitas gitu. Jadi yaa yang dateng kesini cuma buat foto-foto aja. This place open 24 hr and no admission fee.

Karena aku ga beli sim card lokal, so no internet in here. Mumpung selama di terminal masih dapet wifi, searching di gmaps direction to macau fisherman wharf and captured! Untuk menuju ke tempat ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit dari Terminal Maritimo Macau dan akan berjalan di sisi sungai yang besar.
Direction From Ferry Terminal to Macau's Fisherman Wharf
Macau's Bridge

Macau Fisherman's Wharf Gate
Ancient
Colloseum Replica
I don't know the name
Setelah mengambil banyak cukup foto. Aku meneruskan perjalanan ke tujuan selanjutnya.

Senado Square

Senado Square (Largo do Senado) adalah sebuah lapangan berbentuk square dengan Paving Block seluas 3.700 meter persegi. Pada tahun 2005 tempat ini ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage List karena merupakan bagian dari Pusat Sejarah Macau.

Disini kita bisa menemukan banyak tempat-tempat bersejarah Macau, antara lain St. Domingo Church, Ruins of St. Paul, dan Macau Museum. Selain itu, kamu bisa menemukan banyak tempat oleh-oleh disini, terutama egg tart yang sangat tersohor itu. Entah kenapa aku kurang suka rasanya.

Untuk menuju Senado Square dari Macau Fisherman Wharf, aku mengalami sedikit kesulitan. Setelah keluar dari gerbang, akan terlihat halte bis yang mempunyai rute-rute dari bis yang melewati halte tersebut. Setelah meneliti beberapa nomor bus, eh kok ga ada ya yang tujuannya ke "Senado Square". Akhirnya aku bertanya kepada seorang ibu-ibu yang sedang menunggu bus juga, tapi sayangnya dia ga ngerti apa yang aku tanyain, because she wasn't speaking english. I tried to ask to other people, sama aja bok ga ngerti. Nah untungnya aku sempet ngambil brosur wisata Macau, yang di dalamnya berisi keterangan mengenai senado square, yang mana dalam bahasa portugis namanya "Largo de Senado". Okeh, aku tunjukin deh foto tempatnya dan finally ada yang ngerti juga dan kasih tau bahwa aku bisa naik bus no 3 untuk menuju kesana.

Macau's Bus
Bus's Route
Seperti yang terlihat di foto di atas, ga ada nama "Senado Square atau Largo de Senado" disana, tapi dari ibu sebelumnya aku sudah dikasih tau untuk turun di Almeida Riberio, yang pasti turunlah di tempat ketika udah melihat yang kayak gini nih
Senado Square
Tempat wisata sekaligus tempat perbelanjaan
Petunjuk Jalan
Macau's Vibe
St Domingo Church
Ruin St Paul
Ruin of St Paul pertama kali dibangun pada tahun 1580, namun mengalami kebakaran pada 1595 dan 1601. Dan rekonstruksi dimulai pada 1602 setelah gereja dibakar. Setelah rekonstruksi selesai, gereja ini menjadi Gereja Katolik terbesar di Asia Timur pada saat itu. Sayangnya, terjadi bencana angin typhoon yang melanda Macau pada tahun 1835 yang menyebabkan gereja terbakar untuk ketiga kalinya dan meninggalkan puingnya sebagai saksi sejarah.
Museu De Macau
Museum Macau adalah museum terbesar di Macau. Terletak di jantung kota dimana Portugis pertama kali menginjakkan kaki.

Pembangunan museum dimulai pada tahun 1996 dan selesai dan dibuka untuk umum pada 18 April 1998. Berbeda dengan museum lainnya di Macau, yang hanya memiliki satu tema tertentu, Museum Macau dibangun untuk menunjukkan wajah kebangsaan yang berbeda harmonis hidup di sini bersama-sama selama abad terakhir dan melestarikan wajah ini dari aspek tradisi, adat dan budaya.

Opening hours : 10:00 to 18:00 (admission stops at 17:30)
Closed every Monday
Salah satu sudut di senado square
Meeting Point
Macau
Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.30, sudah saatnya aku kembali ke Terminal Maritimo untuk menuju ke Hongkong. Tapi nasib berkata lain, aku salah naik bis dan nyasar, huhuhu.. I asked people how to go to Terminal Maritimo but they couldn't understand me! So frustated since my ferry would be going at any time. Suddenly i remembered that i took the terminal maritimo's picture unintentionally before going to other places. So i stopped some random girl and showed it to her and with body language asked her how to go there. Fyuihh..finally she showed me which bus i have to take and fortunately i could arrived on time..
Foto yang menyelamatkan
Tepat ketika aku sampai, sudah saatnya untuk boarding ke dalam kapal. Kapalnya bagus dengan jumlah kursi yang cukup banyak. Tempat duduk telah ditentukan sebelumnya dan kursi aku bersebelahan dengan seorang Ibu warga negara Philippines.
Ferry's Ticket with number seat
Di Kapal aku cerita-cerita sama ibunya (duuh lupa namanya). Dia cerita kalo dia mau ke Hongkong ketemu suaminya yang kerja disana, ternyata mereka LDR juga -__- Oiya, kebetulan saat itu ombaknya kenceng banget, haifa yang tukang mabok laut nih hampir aja dapet jackpot, untung aja karna sambil cerita-cerita, jadi masih bisa ditahan mualnya.
My Companion in Ferry
Akhirnya sampai juga di Hongkong. Pelabuhannya terdapat di dalam mall, sehingga ketika keluar dari imigrasi, kita akan langsung masuk ke dalam mall. Tapi aku kurang tahu nama mall nya, karena sudah malam dan ga liat bagian depan mall nya, hehe.. Sebenarnya aku merencanakan untuk berjalan kaki  ke hotel (mau hemat bok) namun karena habis mual tadi, aku memutuskan untuk naik taksi aja deh dan setelah tanya-tanya, katanya harganya ga mahal untuk menuju hotel aku di wilayah Tsim Tsa Tsui. Taksinya menggunakan argo dan ongkosnya sekitar HKD26

Di Hongkong aku menginap di Golden Crown Guest House, penginapan yang cukup populer juga bagi para backpacker dan mendapatkan review yang bagus di Tripadvisor. Sebelumnya aku sudah booking online dan membayar DP untuk menginap 3 malam. Lokasinya sangat strategis, hanya berjarak 2 menit jalan kaki dari MTR Tsim Tsa Sui. Untuk reviewnya sendiri akan aku tuliskan terpisah ya..

Sampai di hotel, langsung naik ke lantai 5 untuk check inn, sekaligus membeli sim card dan tiket Hongkong Disneyland. Setelah perjalanan panjang, akhirnya ketemu kasur juga....Hoaahhhmm...