[Family Trip to Singapore] Day 2 : Garden by The Bay, Merlion Park, Science Centre, Sea Aquarium, Wings of Time

12:09:00 PM

Assalamu'alaikum Guys..

Woooh.. dari judulnya aja udah kebayang kan packed banget hari itu. Tapi alhamdulillah semua rencana terlaksana.

Pagi hari dimulai dengan sarapan roti tawar, susu kedelai dan telur rebus seperti yang udah aku ceritain sebelumnya, hehe.. Semuanya udah include di dalam paket harga menginap di hostel ini. Oiya, disini air minumnya diambil dari keran lho, sebenernya rada-rada gimana sih, tapi ya sudahlaah diminum saja, airnya segar dan sejuk dan untungnya tidak menyebabkan sakit perut.

Setelah semua beres, seperti biasa kita memulai perjalanan dari stasiun Farrer Park dengan tujuan akhir Bayfront karna kita mau ke Garden by The Bay.

Say Cheese
Setelah keluar kita akan berada di dalam the shoppes marina bay, sebuah mall mewah dengan ragam pilihan barang branded, naik eskalator dan cari petunjuk menuju Garden by The Bay, gampang banget kok dan petunjuknya kelihatan jadi Insya Allah ga akan nyasar. Tapi jalannya lumayan jauuuh boook, belum apa-apa udah ngos-ngosan.

Istirahat dulu
Nah nanti akan ngelewatin ini
Setelah naik tangga, turun tangga naik tangga lagi, turun tangga lagi, dan naik tangga lagi, sampailaah kita di Taraaaa OCBC Skywalk

OCBC Skywalk

Sebenarnya ada 3 atraksi utama di Garden by The Bay yaitu :
1. Flower Dome
2. Cloud Forest Dome
3. OCBC Skywalk

Sebenarnya pengen banget ke flower dome juga karna konon kabarnya di tempat itu dipenuhi bunga-bunga cantik segala rupa, tapi karna waktu yang padat banget jadi kami pilih naik ke OCBC Skywalk aja. Dengan mengeluarkan kocek SGD 5, kamu bisa merasakan sensasi berbeda berjalan di atas ketinggian 22 meter. Jadi jembatan ini dibuat diantara super skytree dan kalau datengnya kita akan dapat menikmati keindahan yang lebih luar biasa lagi. Sayang kita kesininya pas siang deh, tapi tetep aja takjub ngeliat pohon se"monster" ini. Oiya mau ngasih tau aja, jembatannya kadang goyang-goyang gitu hahah.. berasa lagi uji nyali.

Setelah puas poto-poto *apeeeuu jadi kesini buat poto-poto doang?* menurut L? yuuklanjut untuk menengok Helix Bridge. Jembatan ini unik banget lho karna dibangun dengan konsep DNA gitu. Hayooo tau ga? Ya yang meliuk-liuk gitu daah :p dari Garden by The Bay kita kembali lewat jalan yang sama trus pergi ke arah balkon mallnya *balkon bukan sih namanya?* abis itu belok kanan dan akan ketemu bangunan kayak di foto ini nih namanya art science museum. Tapi kami ga masuk, numpang lewat doang. Tuuuh tuh di kanan  belakang, keliatan kaan jembatannya. Nah itu dia jembatannya.
Helix bridge

Kami melewati jembatan ini untuk menuju ke Merlion Park. Jadi selain cara yang udah pernah aku ceritain sebelumnya disini, alternatif lain untuk menuju Merlion Park adalah dengan melalui Helix Bridge. Tapi untuk menjadi pertimbangan, perjalanan menuju Merlion Park melalui rute ini tolong dijadiin alternatif terakhir, haha.. soalnya jalannya jauh banget meen *cemen banget yaah dari tadi ngeluhnya jauh melulu*

Setelah berpanas-panasan ria di merlion park, semua peserta sepakat untuk mamam siang dulu, dari hasil browsing-browsing ada salah satu tempat makan di sekitaran Merlion Park namanya Lau Pat San. Lumayan susah yaa cari yang halal di singapur ini, dari sekian banyak kedai makanan di sana, cuma ada beberapa yang menyatakan diri kalo mereka halal. Dan pas banget menunya masakan padang, pass buat yang lagi kelaperan kayak kami

Beres makan, kami meneruskan perjalanan ke Science Centre. Kalau mau kesini, bisa naik MRT dengan tujuan akhir akhir Jurong East dan selanjutnya meneruskan perjalanan dengan naik bis No. 29 dan berhenti tepat di depan science centre.

Science centre adalah pusat ilmu pengetahuan di Singapore yang bertujuan untuk memberikan dan mengajarkan ilmu pengetahuan dengan lebih kreatif dan fun, ga ada ceritanya deh bosen belajar disini. Karna atraksi didalamnya dibuat agar pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan permainan-permainan yang ada di dalamnya sekaligus mengajarkan dasar ilmunya. Untuk mengunjungi tempat ini, biaya tiketnya sebesar $12.

Selain mempunyai atraksi-atraksi permanen, science centre juga punya satu atraksi utama yang temanya selalu diganti-ganti dalam rentang waktu tertentu. Kebetulan saat kami berkunjung kesana, kami kebagian mengunjungi atraksi dengan tema "Mengenal Tubuh Manausia" untuk dapat menggunakan atraksi ini kami harus menambahkan tiket lagi diluar harga tiket masuk sebesar $25.

Di sini, kami dikenalkan dengan organ-organ tubuh yang ada di dalam tubuh kita beserta cara kerjanya, yang lebih kerennya lagi, organ-organ tersebut didesain menyerupai dengan aslinya.

Sistem Saraf Manusia
Harus sampe ngerangkak gitu deh
Waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore, udah saatnya kami meneruskan perjalan ke tempat berikutnya. Karena belum sholat, akhirnya kami  memutuskan untuk sholat disini aja, kebetulan mereka menyediakan ruangan untuk sholat di nursery room. Untuk masuk kesana, bisa bertanya ke bagian informasi dan mereka dengan ramah akan mengantarkan kita ke tempat ini. Dan kebetulan disini sudah disediakan mukena dan sajadah juga cuma karena tempatnya sempit, jadi hanya cukup untuk satu orang.

Tujuan kami selanjutnya adalah Sea Aquarium yang berada di Sentosa Island. Untuk kesini dari science centre, kamu bisa naik bis nomor 335 dari halte di depan science centre (ga perlu nyebrang) dan turunlah di Stasiun MRT Chinese Garden. Dari situ kita bisa langsung menuju ke Stasiun Harbourfront untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke sentosa island dengan naik monorel tujuan Waterfront St.

Karena sebelumnya aku sudah beli tiket, jadi ga perlu antri beli tiket lagi. Yang aku lakukan adalah menukar e-ticket yang diperoleh dengan ticket asli di counter travel agent yang bekerja sama dengan sunburst adventure.

Memasuki sea aquarium membuat kami berdecak kagum, betapa indahnya makhluk-makhluk ciptaan Allah ini dan singapur berhasil menarik jutaan pengunjung ke tempat ini dengan menciptakan aquarium raksasa dengan kaca transparant lebar yang membuat pemandangan lautnya semakin terlihat cantik.
The prettiest bride of the sea
Hello

Jelly Fish
Setelah puas mengagumi keindahan laut di Sea Aquarium, kami meneruskan perjalanan ke tujuan akhir kita yaitu pertunjukan Wings of Time. Kabarnya ini adalah pertunjukan baru menggantikan Song of The Sea yang sudah memanjakan pengunjung Sentosa Island selama lebih dari 10 tahun. Sehingga tahun 2014 kemaren merupakan tahun terakhirnya. Pertunjukan Song of The Sea digantikan dengan pertunjukan baru yang dirancang lebih modern dengan visual efek yang lebih canggih. Hasilnya spektakuler. Saat itu kami memlilih untuk menonton pada pukul 19.40 dan dijadwalkan selesai pada pukul 20.10.

Kesan saat menonton itu adalah merinding. Pertunjukan yang luar biasa. Kombinasi antara air, api dan permainan tata cahaya mampu membuat penonton berdecak kagum dan membuat kita hanyut dalam alur ceritanya. Wings of Time menceritakan mengenai petualangan sepasang anak perempuan dan laki-laki yang tanpa sengaja masuk ke dalam sebuah pusaran waktu yang membuat mereka mengelilingi dunia dalam waktu sekejap yang membuat mereka memahami bahwa mereka bisa menjadi seseorang yang lebih dari yang mereka pikirkan. Harga tiketnya sendiri sebesar SGD18, namun aku membelinya sepaket dengan tiket USS dan Sea Aquarium seperti yang aku ceritain disini

Wings of Time
Oiya, lokasinya berbeda dengan lokasi Sea Aquarium, so kita harus naik monorel lagi untuk menuju Beach St.

Selepas menyaksikan pertunjukan ini, waktu baru menunjukkan pukul 20.10, masih terlalu cepat untuk pulang ke hostel, yuk kita ke marina bay aja mengejar pertunjukan water laser yang sebelumnya selalu kelewatan melulu itu. Alhamdulillaah kali ini kami diberi kesempatan untuk datang tepat sebelum pertunjukannya dimulai. Tapi mungkin karena sebelumnya kami sudah menonton yang jauh lebih bagus, berasanya jadi biasa aja yang disini. Tapi tetap aja kagum sama pemerintah Singapur yang berhasil membuat tempat-tempat seperti ini menjadi tempat tujuan turis. Padahal kan kalo dipikir-pikir ini cuma Mall doang gitu lho, Indonesia juga punya banyak yang lebih bagus dari ini tapi yaa minus pertunjukannya.

Marina Bay merupakan lokasi akhir jalan-jalan kami hari ini. Seperti biasa dalam perjalanan pulang kami mampir ke Adam's Corner untuk makan malam dan selanjutnya beristirahat untuk petualangan 1 hari full di USS keesokan harinya.