[HK - Macau Trip ] You're Never too Old For Disneyland

12:44:00 PM

Assalamu'alaikum Guys..

Setelah sebelumnya menghabiskan hari pertama di Macau disini dan berjibaku dengan ombak yang kencang dalam perjalanan menuju Hongkong, let's give a gift to myself by spent the day in Hongkong Disneyland.

Pagi itu, aku keluar dari guest house sekitar pukul 08.00 karena Hongkong Disneyland baru akan dibuka pada pukul 10.00. Senangnya karena guest house yang aku tempati deket banget sama stasiun MTR nya, yaitu MTR Tsim Sha Tsui.

Sebelum memulai perjalanan, aku membeli terlebih dahulu Octopus Card di ticketing office, yang fungsinya sama seperti ez-link di Singapur, dimana dengan 1 kartu tersebut, dapat digunakan untuk semua transportasi di hongkong sekaligus dapat digunakan untuk berbelanja di minimarket. Harga kartu sebesar HKD150, dengan saldo sebesar HKD100, untuk selanjutnya kita dapat mentop-up kartu di stasiun-stasiun MTR.
MTR Map
Seperti yang terlihat pada gambar di atas, untuk menuju Hongkong Disneyland aku menaiki MTR dengan tujuan Tsue Wan, berganti line kuning di Lai King dengan tujuan Tung Chun dan turun di Sunny Bay.
Line Kuning
Dari Sunny Bay masih harus berganti kereta lagi, dan uniknya keretanya di desain dengan tema Disney.
Disneyland's Train
Inside of the train
Disneyland Station Design
Setelah turun dari kereta dan mentap kartu octopusnya, terlihatlah design unik stasiunnya yang dipenuhi dengan ornamen disney. Berjalan sedikit, langsung dapat ditemui gate masuk Hongkong Disneyland. Woaah..i was so excited, baru gitu aja rasanya udah bahagia bener.
Welcome Gate

Untuk menghindari antrian, aku udah beli tiket di Guest House Golden Crown, penginapan yang aku tempati. Harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung disini. Aku membelinya dengan harga HKD455.
Ticket
Here you leave today and enter the world of yesterday, tomorrow and fantasy
Dari mulai turun kereta, udah kedengeran soundtrack - soundtrack dari disney movie yang memaksa kenangan masa kecil untuk kembali di ruang-ruang ingatan, rasanya terharu sekali, cengeng yaa..

Di entrance, tersedia Guide Map Hongkong Disneyland dengan petunjuk yang lengkap. Bahkan di peta tersebut terdapat icon "camera" yang menunjukkan lokasi-lokasi foto terbaik. Selain peta terdapat juga Times Guide yang berisi jadwal pertunjukan-pertunjukan yang akan diadakan pada hari itu yang berguna untuk menentukan wahana-wahana mana yang akan dikunjungin terlebih dahulu sehingga jadwalnya ga bentrok sama pertunjukannya.

Hongkong Disneyland terbagi menjadi 7 wilayah : Toy Story Land, Mystic Point, Grizzly Gulch, Adventureland, Main Street USA, Fantasyland, Tomorrowland. Yang membedakan disneyland dengan theme park lainnya adalah mereka menyediakan fast pass untuk wahana-wahana tertentu yang cenderung banyak peminatnya. Di tiket itu akan muncul jadwal kapan wahana tersebut dapat kita naiki. Sehingga setelah mengambil tiket tersebut, tidak perlu antri lama dan kembalilah ke sana ketika jadwalnya sudah tiba. Dan fast pass ini gratis lho, tapi terbatas jumlahnya. Datanglah lebih awal ke wahana dengan fast pass untuk mengambil tiketnya terlebih dahulu. Terasa sekali tidak ada perbedaan disini, dimana yang punya uang lebih dan tidak diperlakukan sama. Ga perlu mengeluarkan extra money untuk membeli extra pass supaya bisa terhindar dari antrian.

Setelah memasuki entrance, wilayah pertama yang aku lewati adalah Main Street, USA. Disini terdapat beberapa cafe dan juga tempat membeli souvenir dari Hongkong Disneyland.
Main Street, USA

Spot Foto Tomorrowland

Wahana Pertama yang aku naiki adalah Space Mountain di wilayah Tomorrowland. Di wahana ini terdapat fasilitas fast pass, namun aku tidak menggunakannya karena antriannya hanya sekitar 5 menit. Oiya selain terdapat fasilitas fast pass, theme park ini juga mempunyai jalur Single Rider, yang mana memungkinkan kita yang suka traveling sendiri ini buat maen tanpa perlu antri lama, karena jalur ini digunakan untuk nambal space-space yang masih kurang. Dan aku berhasil menyelesaikan wahana - wahana disini melalui jalur Single Rider.

Saat itu aku ngantri sama anak cowok yang mirip banget sama boboho, kebetulan dia juga sendirian, jadi kita bareng aja dong then he was trying to ask something using mandarin and i answered him with english, ya gitu saut-sautan aja tanpa tau apa yang diomongin. Kocak banget deh..

Wahana ini sendiri merupakan wahana roller coaster dengan keterangan di guide nya "thrilling high-speed journey" ngebut sih ngebut tapi ya ampuun bikin pusing kepala karena rasanya mentok sana-sini, duuh gimana yaa ngejelasinnya, intinya roller coasternya emang ngebut tapi ga nyeremin sama sekali. Dan ternyata seluruh wahana disneyland, kabarnya emang ga se "asik" yang ada di universal studio buat para pecinta wahana-wahana yang cukup greges. *apa lagi sih greges -_-* tapi tetep yaa theme park ini ga pernah sepi sama orang dewasa juga, karena kayak judulnya you're never too old for disneyland

Yang ga boleh terlewatkan selanjutnya tentu aja adalah foto di depan Sleeping Beauty Castle
Spot Foto yang ada di Guide Map
Dari istana aku menuju wilayah Adventureland untuk nonton Festival of Lion King yang jadwalnya pukul 12.00, datanglah 30 menit sebelum acara dimulai, karena untuk masuk kesana, perlu antri juga. Jam 11.30, pintu dibuka dan penonton dipersilahkan untuk masuk dan duduk di tempat yang udah disediain. The show was fantastic. It combine music and dance with vibrant costumes and exotic scenery in a very lively theatrical show. An amazing show that is absolutely worth seeing.

Lion King was the first disney movie that i watched and i remember that i couldn't hold my tears while watching it. So i was so happy that i had a chance to see this adapted show from the classic disneyland's animated.
Gorgeous Show
Pertunjukan selesai pada pukul 12.30, abis itu mulai laper karena ga sarapan. Liat peta dan dijelaskan bahwa ada 2 lokasi makanan halal disini, yaitu Tahitian Terrace di Adventureland dan Explorer's Club Restaurant di Mystic Point. Karena satu wilayah, akhirnya aku makan siang di Tahitian Terrace. Seperti kebanyakn theme park, ga aneh kalo budget makan siangnya jadi gede, dengan HKD96 aku cuma dapet 1 porsi nasi ayam yang rasanya biasa aja dan 1 botol minum. Daan makanannya pun ga sempet difoto.
Tissuenya disimpen buat kenang-kenangan
Oke, udah kenyang masih di wilayah yang sama ada wahana Raft to Tarzan's Treehouse ini sih cuma kayak naik kapal gitu buat nyebrang doang ke rumahnya si Tarzan, jadi pasti wahana ini bareng sama wahana Tarzan's Treehouse. Rumah Tarzan dibangun dengan pondasi pohon besar gitu dan terbuat dari kayu-kayu, didalamnya terdapat beberapa perlengkapan-perlengkapan yang mendukung cerita Tarzan gitu.
Segini doang nyebrangnya, hehe
Salah satu sudut di Tarzan's Treehouse
Satu lagi wahana yang ada di Adventureland adalah Jungle River Cuise. Jadi ceritanya kita dipersilahkan naik ke sebuah kapal untuk menyusuri sebuah sungai misterius. Nah pas lagi jalan, kita bakal ketemu sama binatang yang ngeluarin api, dan binatang-binatang purba boongan yang lain, agak-agak ga penting yes
Di atas kapal
Beranjak dari Adventureland, aku menuju wilayah Grizzly Gulch, disini agak kurang konsen pas maen karena tetiba orang kantor nelpon dan nanyain salah satu kerjaan, sabaaar orang cuti yang sabar disayang Tuhan. Nah satu lagi permainan yang wajib dicoba adalah Big Grizzly Runaway Mine Cars. Roller Coaster ini dibuat dari kayu dan dirancang mengelilingi perbukitan dari daerah pertambangan gitu, endingnyaa woow..agak ga nyangka juga sih, tapi seruu banget. Ga mau spoiler ah, hehe.. Pokoknya harus banget nyobain yang ini, okay.
The Ride
Geser dikit dari Grizzly gulch ada Mystic Manor di Mystic Point. Di ride ini kita diajak ngelilingin rumahnya Lord Henry untuk melihat koleksi seni dan antik punyanya dia. Secara cepat, pemandangan kita aka berganti terus dengan barang-barang antik miliknya, salah satunya adalah lukisan cewek yang berubah wujud.. Terdengar menyeramkan ga?
Mystic Manor
Girl in the mirror
Abis itu lanjut ke Toy Story Land. Waah..penggemar Woody dkk pasti seneng banget maen disini, designnya dirancang unik dengan warna-warna cerah selain itu propertinya di bangun gede-gede gitu, seolah-seolah kita yang jadi kecil disana.
Spotted
Happy Kid
Disini ada 2 permainan utama, yaitu Toy Soldier Parachute Drop dan RC Racer. Tapi ga berani mamaaaa maen RC Racer nya, modelnya kayak kora-kora gitu tapi keliatannya lebih tinggi dan lebih nyeremin dari Kora-Kora.. Cemen emang. Akhirnya cuma naek yang Toy Soldier aja, yang ini permaenannya kayak histeria di dupan gitu, tapi naek turunnya ga sekenceng yang disana, disini mah seloow, bahkan kita bisa liat pemandangan Hongkong Disneyland dari atas, bagus deh. Karena pake rok, alhasil rok nya ikut-ikutan naek keatas *tutup muka* eh salah *tutup rok*

Sayangnya ga sempet masuk ke Andy's Toy Box karena penuh banget, padahal desain tokonya unik dan lucu.
The Golden Mickey
Waktu udah nunjukin pukul 3.30 pas aku nyampe di wilayah Fantasyland buat nonton pertunjukkan The Golden Mickey. Pertunjukkan ini nyeritain tentang  award event untuk karakter disney dengan bermacam kategori salah satunya heroism dan romance yang dibalut dengan pertunjukan musikal. Pertunjukan dibawakan dalam bahasa Cantoneses dengan subtitle english di layar. Overall, pertunjukannya menghibur. Di akhir pertunjukan, mereka nyanyiin lagu It's a Small World, terus pas momen ini rasanya terharuuu banget. Kayaknya ngeliatin orang-orang pada maen sama orang yang disayangin, nyenengin banget yah, laah ane sendiri aja. Kadang yang paling menyedihkan itu bukan ketika kita sendiri di saat kita sedih tapi ketika kita ga bisa berbagi kebahagiaan sama orang yang kita sayang.
It's a Small World

It's a world of laughter, a world of tears
It's a world of hopes and a world of fears
There's so much that we share that it's time we're aware
It's a small, small world
There is just one moon and one golden sun
And a smile means friendship to everyone
Though the mountains divide
And the oceans are wide
It's a small, small world

Di wilayah yang sama, ada ride yang cukup populer juga, yaitu The Many Adventures of Winnie The Pooh, dan ride ini punya fasilitas FastPass. Kita akan diajak berkeliling the Hundred Acre Wood menaiki sebuah kereta kecil untuk merasakan petualangan yang ada di Storybook Journey nya Winnie The Pooh. Mendekati akhir perjalanan, ada kesalahan teknis yang mengakibatkan kereta berhenti di tengah jalan, setelah menunggu beberapa lama, kami semua dijemput sama petugasnya, dan menyelesaikan perjalanannya dengan jalan kaki -__-
Winnie The Pooh's Storybook Journey
Karena udah menjelang malem, udah saatnya buat pulang, eh eh tapi kayaknya ada yang kurang, tentu aja ga lupa buat beli oleh-oleh dong dan tentunya suvenir disneyland buat diri sendiri. dari segi harga sih lumayan juga yaa bikin bangkrut. Buat gambaran, harga 1 buah gantungan kunci itu sekitar HKD 45-60, magnet kulkasnya sekitar HKD 78 yang besar. Topi logo disneyland sekitar HKD 168 dan kaosnya sekitar HKD 200.
Gantungan Kunci
Semacam mengulang caption diatas, gantungan kunci
Sayangnya hari itu salah satu pertunjukan yang aku nantikan yaitu fireworks nya ga akan muncul karena kondisi cuaca yang agak gerimis seharian, ya udah deh setelah urusan oleh-oleh selesai, langsung pulang aja.

Eh ada yang ketinggalan.. Untuk berfoto dengan karakter disney, kita ga perlu sampe muter-muter nyariin dia lagi mangkal dimana, karena hongkong disneyland udah nyediain tempat buat foto bareng karakter di daerah Fantasyland. Disini udah ada Mickey, Minnie, Pooh, Donkey, Pluto dan Goofy.
Winnieee
Terkadang setelah sesi foto beberapa saat, tiba-tiba mereka meninggalkan tempat foto untuk ke belakang, tapi jangan sedih mereka bakal balik kok. Kayaknya mereka ganti shift gitu deh, capekkk book kalo harus foto seharian.

Oke..udah saatnya bener-bener ninggalin Disneyland. Semoga bisa maen di Disneyland di negara-negara lain juga *fingercrossed*
Difotoin Crewnya
Bye Hongkong Disneyland
Rencananya mau mampir ke daerah Mongkok buat liat-liat siapa tau ada yang lucu tapi apa daya, keinginan buat window shopping ga bisa ngalahin keinginan buat istirahat dan bobo. So, mari kita pulang ke guest house. Sesampainya di St Tsim Sha TSui, nyari kebab halal dulu di Ebeneezer's Kebab. Lokasinya cukup dekat dengan hostel, porsinya gede dan rasanya enak. Cukuplah untuk makan malam hari itu. Karena porsinya gede banget, ternyata masih bisa dimakan buat sarapan besok paginya, LOL.
Dikirain bulenya motoin dia kali yaa, siapa suruh makannya sambil berdiri di depan plang, pffttt...