[Welcome to Japan] Antara Narita dan Haneda

9:38:00 AM

Assalamu'alaikum Guys,

How's your day so far? I hope everything is well :)

Jadi ada apa sih antara Narita dan Haneda. Cerita bermula dari pembelian ticket yang aku lakuin melalui website ANA airlines dengan tujuan multi city Kuala Lumpur - Kansai Osaka dan Narita Tokyo - Kuala Lumpur. Aku menyadari bahwa pesawat dengan tujuan Kansai Osaka akan mendarat di Narita Airport di Tokyo dan untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke Kansai Airport di Osaka melalui Haneda Airport di Tokyo dalam rentang waktu 3 jam setelah mendarat. Yang tidak aku sadari adalah bahwa jarak dari Narita Airport dan Haneda Airport cukup jauh yang mana jika ditempuh dengan bus akan memakan waktu sekitar 1,5 jam apabila jalanan lancar. Yang tidak aku sadari lagi adalah perpindahan dari Narita airport ke Haneda airport dilakukan oleh penumpang masing-masing dengan transportasi pilihan masing-masing dengan biaya masing-masing.  

Kenapa hal penting macam ini bisa terlewat infonya sebelum aku melakukan pembelian tiket pesawat. Akibatnya, aku jadi galau berhari-hari, memikirkan option-option yang harus aku siapkan. 3 jam adalah waktu minimal transit yang dirasa cukup apabila transit pada airport yang sama. Menjadi cukup mengkhawatirkan apabila harus ada perpindahan airport dengan jarak 1,5 jam perjalanan, belum lagi masih harus melewati imigrasi dan mengambil bagasi untuk selanjutnya dibawa ke Haneda airport. 

Jadwalnya itu looks like this.. 


As you can see, pada pukul 15.05 pesawat akan mendarat di Tokyo Narita untuk selanjutnya pada pukul 18.20 akan berangkat dari Tokyo Haneda. Jadi waktu yang aku punya hanya 3 jam 15 menit. Nah, keterangan self arranged transfer between airports required itu kenapa miss dari pandangan akuuuh :O



So ini adalah option yang aku siapkan :

Option 1 : 
Ketika check in untuk penerbangan Kuala Lumpur - Narita, aku langsung check in juga untuk penerbangan Haneda - Kansai nya. Jadi aku udah pegang 2 boarding pass
 
Lalu naik kereta dengan jadwal seperti di bawah ini


Tapi setelah dipikir-pikir. Masih banyak hal yang harus aku lakukan di Narita, yaitu : 
1. Antri imigrasi 
2. Ambil bagasi dan masih harus melewati custom clearance  
3. Mengambil mobile wifi yang sudah aku pesen melalui Narita airport
4. Karena aku akan menggunakan kereta yang harganya cukup mahal, otomatis aku harus mengaktifkan JR Pass terlebih dahulu di JR Office seperti yang sudah aku ceritakan disini yang mana aku yakin akan menghabiskan cukup banyak waktu
5. Karena masih belum paham dengan perkeretaapian di Jepang, aku cukup khawatir kami akan spend cukup banyak waktu di stasiunnya 

Sehingga aku tidak yakin bahwa semua kegiatan itu bisa selesai dalam waktu 1 Jam. Selain itu aku ga bisa pergi dengan jadwal kereta lebih dari pukul 16.00, karena bisa-bisa aku ketinggalan pesawat deh as i also have to drop my baggage.

Option 2 :
Terdapat pilihan untuk naik bis dengan tujuan Narita Airport - Haneda Airport. Dengan durasi perjalanan 1,5 jam. Asumsi aku mendarat pukul 15.05, dan masih harus berjibaku dengan antri imigrasi dan pengambilan baggage, trus masih harus ngambil mobile wifi di kantor pos narita, how much time i need before i take the bus? I have to go at 16.00 at least so i can arrive around 17.30. Tarif bisnya adalah 3100 yen. Untuk infonya bisa diklik disini

Option 3 :
Directly to go to Shin Osaka station using Shinkansen. Aku ga perlu bayar tiketnya lagi secara aku udah punya JR Pass tapi itu artinya aku harus aktifin JR Pass nya saat aku mendarat. At that time, that was the best choice karena tidak ada resiko ketinggalan kereta as jadwal keretanya cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan our convenience time.

Train Timeline Narita Airport - Shin Osaka Station
Finally tibalah hari keberangkat ke Jepang. Tanggal 28 April, pulang kantor  langsung cuss ke Soeta soalnya penerbangan aku ke kuala lumpur dijadwalin pukul 21.00, mendarat di KL Airport sekitar pukul 23.00, kami langsung cari tempat untuk istirahat karena penerbangan ke Jepang itu keesokan harinya. Daripada bolak balik ke City cuma untuk numpang nginep mending nginep di bandaranya aja. Aman dan Insya Allah ga akan ketinggalan pesawat. 

Pukul 4 subuh kami bangun, cuci muka dan dandan-dandan sedikit lanjut sholat subuh dan check in tentunya. So when we checked in at Kuala Lumpur Airport, we also checked in our flight to Osaka from Haneda. But until we arrived in Narita Airport, option 3 tetap jadi pilihan.

Penerbangan ditempuh sekitar 8 jam, tepat waktu, take off dan landingnya sangat-sangat smooth. Pilihan menu makanannya kejepang-jepangan that's why aku pilih pesawat ini pada awalnya. Makanan diberikan 2x ketika setelah take off dan ketika akan mendarat.

Pilihan 1

Pilihan 2
Entertainmentnya cukup up to date dan ada english subtitlenya :D 

Setelah 8 jam perjalanan yang rasanya lamaaaaaaa banget, sampailah kami di Jepang, yeaaaay!!!

Narita Airport
Suhu udara hari itu
Tambahan info, ga ada antrian yang cukup signifikan di immigration counter, mungkin karena petugasnya cukup gesit ya kerjanya, jepang gitu lho. Dan setelah keluar dari imigrasi dan menuju ke baggage claim, ternyata bagasinya udah disusun rapi di depan convenyor beltnya. Jadi mengurangi waktu tunggu lagi. 
Baggage claim at Narita
So after landed, we were supposed to exchange our JR Pass with the train ticket but suddenly we wanted to cancel first the boarding pass that we already had, that's why we went to check in counter. After explained the situation, eh tau-taunya kami ditawarin buat naik penerbangan selanjutnya dari Narita directly to Osaka, dan aku baru tau kalo ada penerbangan itu dari Narita. Jeng Jeng. Cuma pesawat akan mendarat di Osaka (Itami) bukan Kansai International Airport, that's why aku ga tau karena dari awal pencarian ticket, opsi yang aku pilih stick sama kansai airport -__- 

Penerbangan yang seharusnya dipilih

Akhirnya problem solved! Aku ga perlu aktivin JR Pass aku dulu, punya waktu untuk ambil mobile wifi di kantor pos Narita dan punya waktu untuk napas sebelum lanjut penerbangan. 


Setelah mendarat di Osaka (Itami) Airport. We decided to take the bus from there. The fare is 500 yen to Shin Osaka Station dimana apartemen aku berada. Jadi kesimpulannya adalah, untuk ke osaka, coba cek juga penerbangan Jakarta/Kuala Lumpur - Osaka (Itami) jangan cuma Jakarta/Kuala Lumpur - Osaka Kansai Airport :)
Osaka (Itami) airport smaller than Narita

You Might Also Like

12 comments

  1. WAH SAYA AKAN MENGALAMI HAL INI! Tapi terbalik, saya harus melakukan ini bulan depan di perjalanan pulang, yaitu Fukuoka 13:20 ==> Haneda 15:00 --(self-arranged transfer)--> Narita 18:05(!!) ==> Jakarta. Saya baru sadar hari ini kalau 3 jam itu sangat sangat mepet, lalu saya langsung galau seharian. Rencananya saya tidak mau bawa bagasi supaya tidak perlu drop/claim baggage (entah bakal bisa atau tidak untuk stay seminggu di Fukuoka). Jadwal bus dari Haneda berangkat paling dekat 15:05 (sepertinya tidak mungkin haha), 15:20, dan 15:35 yang masing-masing bakal sampai 16:30, 16:45, 17:00. Kalau lancar dan tidak bawa bagasi sepertinya feasible, tapi kalau bawa bagasi apalagi macet, duh! Apakah ada tips, kak? Misalnya back-up plan, what to do if I miss the flight, etc. Terima kasih kak, semoga komentar ini dibaca hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Abdurrahman, akhirnya komentarnya terbaca walopun mungkin udah telat yaaa. Piss.. Semoga kamu ga ketinggalan pesawat yaa.

      Tapi kalo belum telat, aku rasa 20 menit cukup untuk melewati imigrasi dan ngambil bagasi. Kayak yg aku ceritain, kerja petugas imigrasi nya cepet dan tau2 bagasinya udah dirapiin jadi ga perlu nunggu lagi. Oiya dan jangan lupa check in penerbangan ke jakarta sekalian pas terbang ke haneda. Kalo kamu merasa sudah akan terlambat dan ga akan keburu lagi ke naritanya untuk ngejer pesawat ke jakarta, coba kamu datengin counter pesawatnya dan ceritain masalahnya, siapa tau bisa naik pesawat langsung yang dari haneda.

      Goodluck! :)

      Delete
  2. Kak,schedule penerbangan saya maret 2019 juga sama seperti ini T_T hiks. Hanya saja rutenya yaitu Itami 13:30 ==> Haneda 14:40 --(self-arranged transfer)--> Narita 17:45(!!) ==> Jakarta. Total 3 jam 5 menit itu sangat sangat mepet.

    Yang ingin saya tanyakan, saat ditawarin buat naik penerbangan selanjutnya dari Narita directly to Osaka itu, dikenakan biaya lagi tidak oleh maskapainya? Mengingat kalo ngedadak beli tiket pas hari H kan harganya bisa selangit.
    Mudah2an sempet kejawab ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rahay, untungnyaa bisa terbalas sebelum maret 2019 yaa, ahahah padahal udah jarang banget buka blog ini.

      Jadi waktu aku konsul ke bagian check in counter untuk terbang dari Narita ke itami ga dikenakan biaya sama sekali, mungkin karena itu penerbangan domestik kali ya dan kebetulan pesawatnya ga penuh.

      Mungkin kalo dirasa waktunya cukup, mampir ke counter maskapai di haneda untuk minta opsi terbang dari haneda tapi kelihatnnya akan sulit karena itu penerbangan international. Barusan liat di hyperdia, kelihatannya kamu bisa naik kereta yg jam 15.02 dgn estimasi sampai jam 16.43. Masih ada satu jam untuk drop baggage dengan catatan sudah check in online.

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
  3. boleh tanya, aku ada flight juga ke jepang, bulan maret dan kondisinya sama yang kamu rasakan, saya dari jkt - narita, lalu transit dari narita - haneda untuk ke osaka kansai, untuk solusi dari narita ke haneda jadi yg paling aman untuk jarang transit saya 5 jam apa ya? sedangkan kesana saya bawa banyak koper kyknya untuk foto prewed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal bulan maret bukan berangkatnya? Saya juga punya masalah yang sama.

      Delete
    2. Halo, untuk jarak transit 5 jam insya Allah masih cukup untuk pilihan naik limousine bus ataupun kereta, karena masing2 butuh waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Yang penting udah cek in online aja, jadi nyampe haneda tinggal drop baggage. Cuma barusan aku cek baggage allowance di limousine bus itu cuma 2 koper dgn ukuran 120cmx60cmx30cm.

      Delete
  4. Mba.
    Aku juga mau brngktnbulan agustus ini.
    Hal sama yg d rasakan,,jd sebaiknya naik apa ya dari narita ke haneda.
    Karja dikasih waktu transit hanya 3 jam??
    Terimakasih ya jawabannya..

    ReplyDelete
  5. HAHA UNTUNG SAYA WAKTU TRANSIT NYA 10 JAM... TKS MY CLEVER AGENT. KAMSIA

    ReplyDelete
  6. Kak mau tanya dong... Kalo mau tanya tentang direct flight dari narita ke osaka (itami) itu nanyanya di counter mana yak? Buat jaga jaga kak... Makasih

    ReplyDelete
  7. Mohon infonya karena ini pengalaman pertama Saya. Penerbangan jkt-osaka (kansai) transit di narita 15 jam,berangkat dr haneda pagi hari jam 7..jdwal kedatangan saya ke narita adalah jam 4 sore lah. Yg ingin sy tanyakan..sy bisa langsung keluar bandara pindah aja ke haneda..terus cari penginapan dekat bandara haneda kah?
    Mohon info juga penginapan low budget yg bisa kami pakai tapi yg ramah anak, karena saya bawa anak saya juga yg masih balita. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf banget baru terbalas. Semoga belum terlewat ya. Mengenai bisa keluar bandara atau ga itu tergantung dr maskapai yg digunakan. Kalo pake ANA, iya bisa keluar dari bandara karna maskapai ga menyediakan transportasi dari narita ke haneda dan bagasi akan dikeluarkan di narita.

      Untuk hotel low budget, bisa disearch dengan booking.com atau traveloka yaa. Budgetnya bisa disesuaikan dan bisa pilih2 yg sesuai :)

      Enjoy japan :)

      Delete

Subscribe