Strategy to Obtain UK Visa

10:54:00 AM


Assalamu'alaikum Guys..

Ditengah deadline tugas-tugas yang lagi menggunung dan flu yang super mengganggu ini, I'm back with another story of visa's drama. Judulnya lebay banget ya pake strategi-strategian. Jadi kenapa strategi? Soalnya nih, ini ciyus beneran. Kalo bikin visa itu kudu pake strategi karena uang yang banyak ber em em an, dan dengan modal tiket yang udah issued pun ga menjamin lho ternyata visa bisa granted. Kok gw tau soalnya ini terjadi di temen nyokap. Kebetulan dia abis ngajuin visa UK, udah beli tiket dan i know that uang di rekeningnya lagi banyak-banyaknya, tapi guess what, visa UK nya ga granted. Yang lebih nyedihin, dia udah pake bantuan agen (nambah biaya) dan pake jalur vip  (3 hari kelar) which is ada tambahan biaya sebesar Rp. 1.425.000 per aplikasi (diluar harga visa). Selain itu harus nambah lagi bayar penalti tiket karena ganti tanggal. Gw sih udah nangis-nangis darah secara duit pas-pasan gini cyin.
Tante, yang sabar yaah. Pasti ada hikmahnya, Insya Allah :)

Pertanyaan kedua, emang haifa mau ke UK? I wish guys, someday! :( jadi ceritanya gw diminta bokap buat urus visa UK nya dia. OK, challenge accepted!

SO seperti biasa yang dilakukan adalah browsing, browsing, browsing. Makasiiiih banget saya haturkan kepada kalian-kalian yang udah share informasi di blog how to get UK Visa, serius itu tuh ngebantu banget lho. That's why i try to do the same thing buat yang mungkin butuh juga dan ga sengaja mampir ke blog yang jarang diupdate ini. 

First thing to do adalah buka websitenya vfs global disini. Vfs global adalah agen resmi yang ditunjuk oleh kedutaan Inggris untuk menerima permohonan aplikasi visa (sama seperti pengajuan Visa Schengen yang udah gw ceritain disini) tapi keputusan ga berada di tangan mereka ya, keputusan akhir tetap di tangan kedutaan.

Nah setelah masuk di websitenya, akan ada tulisan gini nih :
"Before you start, you must know whether you need a visa, and which visa you want to apply for. Visit the UK government website for visas and immigration  in Indonesia for further information on UK visa types

Klik aja link UK governmentnya, abis itu ikutin terus langkah-langkahnya. Nah karena disini tujuannya untuk wisata so, this is the answer from that website  : "Apply for a Standard Visitor visa if you’re visiting the UK for a holiday or to visit family or friends"

Jadi dokumen apa sih yang diperlukan untuk apply standard visitor visa?
Basically, dokumen utama yang diperluin itu cuma paspor dan rekening koran/slip gaji 6 bulan ke belakang (tapi aku cuma kasih 3 bulan ke belakang :D)

Nah selain dokumen di atas maka disebut other document that you may want to provide. Bentuknya bisa berupa :
- KTP
- KK
- Akta Lahir untuk anak dibawah 18 tahun
- Surat keterangan kerja (untuk karyawan) harus menjelaskan mengenai start date of employment, salary, role, company contact details / SIUP untuk pengusaha
- Surat Keterangan dari sekolah untuk anak sekolah

Seluruh dokumen diatas harus ditranslate ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan sworn translator. Sworn translator yang gw gunakan adalah worldnet translation service, jujur gw cukup kecewa dengan tempat ini karena semua dokumen yang ditranslate salah. Bukan bahasanya yang salah tapi contentnya yang salah. Masa di akta lahir, bukannya nama bokap tapi malah nama orang lain dan kesalahan-kesalahan lainnya yang mengecewakan. Padahal reviewnya bagus lho, mungkin gw lagi apes aja kali. Cukup jadi drama karena waktunya cukup mepet jadilah setelah diperbaiki, dokumennya pas banget selesai di hari H appointment. 

Udah deh, sebenernya dokumennya itu aja tapi buat jaga-jaga gw tambahin juga bukti pemesan tiket pesawat, bookingan hotel dari booking.com yang free cancelation dan akta lahir eventhough bokap gw ga mungkin under 18 tahun :D

Ga perlu asuransi dan ga perlu foto karena foto yang nempel di visa adalah foto yang diambil pas di kantornya VFS.

Setelah semua dokumennya lengkap. Yuk mari kita kulik langkah selanjutnya yaitu pengisian form di disini nih

Setelah masuk ke website, kita akan diarahkan untuk sign ini menggunakan email supaya nanti formnya dapat disave dan linknya akan dikirimkan ke email kita. Kenapa harus di save? Karena isian formnya banyaaaak banget, asli! Jauh-jauh lebih banyak dari Schengen dan detil banget. Gw aja ampe seminggu ngisi tuh form saking ribetnya. Gw ga bisa tulis satu-satu disini pertanyannya, mungkin kalian bisa cek di blog yang lain yang lebih lengkap tapi kurang lebih pertannyaannya itu seputar gaji, pengeluaran perbulan, rencana biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan ini, tanggungan, pendapatan lain selain gaji, jadwal perjalanan, dll. Kenapa lama ngisinya? Karena i have to make sure that apa yang aku isi saling nyambung. Gimana caranya supaya si yang ngecek visa tau bahwa papa aku ga akan melarat selama di UK dan keluarga yang ditinggalin masih bisa makan, hahaah.. 

Setelah pengisian selesai, selanjutnya proses pembayaran sebesar 85 Poundsterling untuk jenis standard visa durasi 6 bulan, saat itu gw melakukan pembayaran dengan kartu kredit lapi lupa banget apakah bisa dengan cara lain ya? Setelah itu, pemilihan meeting appointment ke kantor VFS di Lt 2 Kuningan City Mall untuk pengajuan permohonan. 

Di hari yang sudah dipilih, visa applicant which is Bokap gw ngebawa form yang sudah diisi secara online tersebut sekaligus dokumen utama dan dokumen pendukung yang udah gw jelasin tadi yang sudah ditranslate beserta kopi dokumen aslinya. Datanglah 15 menit sebelum jadwalnya. Disana akan dikasih nomor antrian, setelah pengajuan, nomor antrian akan dipanggil lagi untuk melakukan sesi foto dan rekam sidik jari. 

Selesai deh! Tinggal nunggu kabar selanjutnya sambil deg-deg ser. Oiya waktu pengurusan, minimal 14 hari kerja karna konon katanya pengajuannya akan dikirimkan ke kedutaan UK yang di Singapur, jadi sebaiknya buatlah visa minimal 2 bulan sebelumnya. Tapi buat yang perlu visa segera, ada jalur VIP yang udah aku jelasin juga tadi di atas. 

Setelah penantian selama lebih kurang 2 minggu dari tanggal 16 November, datanglah email cinta yang menyatakan bahwa proses aplikasi sudah selesai dan dipersilahkan untuk mengambil pspornya kembali di kantor VFS setiap hari kerja mulai pukul 12 siang. Pengambilan boleh dilakukan oleh orang lain dengan membawa surat kuasa, bukti pengambilan dan fotokopi ktp kedua belah pihak. Di email tersebut tidak ada pernyataan apakah visa diterima atau ditolak. 

Sampe di VFS, ngambil no antrian, dapet no D109, abis itu dipanggil dan diberikan amplok plastik yang disegel berisi pasport. Belum berani buka saat itu hahahah. Keluar dari VFS, buka segelnya susah banget trus jeng--jeng, here it is.....i did it. 

UK Visa
Surprisingly surprise soalnyaa ga nyangka bisa dapet padahal ga pake asuransi perjalanan, ngisi formnya males-malesan sampe seminggu, ga pake agen, dan dokumennya ya seada-adanya aja. 

Jadi pada intinya seperti judul di atas, diperlukan strategi yang cukup untuk mengajukan permohonan UK Visa :)) 

Srateginya apa aja? Ini berdasarkan pengalaman gw aja yaah..
1. Ga boleh ada uang yang mengendap, maksudnya adalah gunakan rekening yang dipake buat nerima gaji dan pastikan cash flownya lancar. Jangan ujug-ujug ada duit 1 M disana tapi ga ada pengeluaran sama sekali. 
2. Rencana biaya selama perjalanan ke UK ga boleh lebih gede dari tabungan yang ada. 
3. Buatlah rencana perjalanan yang ga ribet dan fokus ke 1 atau 2 kota aja. 
4. Berdoa yang banyak!!!
5. Yang terakhir enjoy the process and happy holiday :*

Next Goal : Visa Australi yang katanya susah!

Kalian udah pernah ajuin visa apa aja dan mana yang paling susah dan ribet? Share di coment yaah. 

You Might Also Like

2 comments

Subscribe