Trip Kuala Lumpur - Singapore

1:46:00 PM

Assalamu'alaikum Guys,


Oke niat ternyata memang harus didukung dengan usaha, so lupakan niat 1 hari 1 posting, karena akan terlihat itu cuma niat.

Jadi sekarang mumpung lagi niat, aku mau sedikit cerita tentang perjalanan pertama backpacker aku dan tentunya perjalanan pertama ke luar negeri. Yeaay.. (haa.. umur udah segini baru pertama ke luar negeri neng?) ga papa dong, setiap orang pasti diberikan waktunya masing-masing, ya kaan.. Alhamdulillah, bisa pergi dengan tabungan sendiri :) Dengan modal passport yang udah dibikin duluan sebelum ada rencana perginya, so jangan ga dimanfaatin dong. Oiya, aku ga pergi sendiri, untungnya ade aku mau nemenin, dan ini juga pengalaman pertama dia ke luar negeri, so i bet this will be an awesome trip!


Kenapa kuala lumpur dan singapur? Karena ya sebagai pemula ke luar negeri, sepertinya emang baru 2 negara ini aja yang kepikiran sebagai basic, hehe.. Semoga perjalanan ini bisa menjadi batu loncatan buat mengunjungi negara-negara yang lain, amiin... (tapi kenapa negara lain, kenapa ga Indonesia aja dulu dijabanin?) Karena, pertama transportasi di luar negeri itu lebih gampang dibandingkan dengan transportasi di negara sendiri, jadi akses kesana jadi lebih gampang, tapi tetep doong aku pengen juga mengeksplore Indonesia lebih dalam lagi, karena emang Indonesia itu cantiiik banget. Sampai dengan saat ini, aku baru melihat cantiknya Indonesia di Lombok, Karimun Jawa, Puncak Merapi dan Gunung Lawu dan masih mau banget untuk melihat kecantikannya dari tempat yang lain lagi. Doakan yaah.. 

Jadi, kembali ke cerita semula. Persiapan perjalanan ini adalah sekitar 3 bulan, karena mendadak aku pengen sekali jalan-jalan, liat-liat tanggalan, akhirnya klak klik website pembelian tiket pesawat which is nusatrip.com, dan berakhir dengan pembelian tiket ke KL untuk tanggal 6 Desember 2014 dan pulang dari Singapore tanggal 8 Desember 2014. Iya ini cuma short trip aja, karena susah pun minta cutinya, jadi aku bolos 1 hari deh, hehe..

Oke setelah tiket pesawat dibeli, baru deh kita susun itin nya, dan tentunya itu adalah tugas aku, haha.. karena si ade, eh iya namanya anin, ga mau ribet ama urusan begituan, yang dia tau cuma tanggal berangkat ama pulang doang pun, ga tau deh gimana kalo sampe dia kepisah ama aku, hahaha.. *evilface* untungnyaa aku suka banget lho bikin itin alias itinerary,  pokoknya ga ada beban gitu deh buat bikin detail perjalanan, dan aku ga mau banget deh pergi tanpa persiapan. Ada sih beberapa orang yang lebih prefer pergi dengan niat "get lost" namanya pun jalan-jalan. Tapi aku enggak deh, makasih. Lebih nyaman pergi dengan tau "what to do and where" so waktu perjalanan bisa lebih efektif karena udah tau abis ini mau kemana dan rutenya gimana jadi ga pake istilah nyasar, walapun tetep sih ada nyasarnya, hahaha.. Lagipula waktu liburannya juga mepet, so i have to do my best to make this trip effective and fun dong. Dan aku terbantu banget sama "evernote", tau kan? jadi itu adalah app di smartphone untuk menulis segala catatatn yang kita butuhin. Dengan app itu kita bisa insert gambar ataupun note dari app lain dan note itu bisa ke share melalu email. Dan dengan app itulah aku mencatat itin yang aku buat. Itin yang aku buat cukup detail dengan jam-jamnya, haha.. Nanti aku ceritain ya gimana aktualisasi dari itin yang udah aku buat di post yang abis ini dan akan aku jabarkan juga biayanya sebagai gambaran (doakan masih inget)

Karena berangkat ke KL di Sabtu pagi hari, jadi aku putuskan untuk day trip aja di KL nya, so malem harinya aku cabut ke Singapura pake kereta malam. Kalian bisa liat jadwal dan biaya nya disini ya www.ktmb.com.my/ Aku usahakan semua pertiketan dan akomodasi udah diselesaikan di Indonesia dengan online jadinya ga ribet lagi deh disana. Untuk kereta pembayaran bisa melalui kartu kredit, gampang banget kok, nanti hasil bookingnya akan dikirmkan melalui email. Tapi usahakan pembeliannya jangan terlalu mepet dengan jadwal berangkat, karena enaknya kereta malam itu adalah kita bisa pilih gerbong "sleeper", selain menghemat biaya akomodasi, perjalanan pun lebih nyaman karena kasurnya lumayan empuk lho, nah karena itulah gerbong ini cepet banget sold out nya so be prepared yah. 

CGK - KL
Lagi nungguin kereta ke Singapore
Di dalam Kereta
Untuk urusan hotel di Singapore, aku percayakan Agoda untuk booking hotelnya. Ini pun sama, dengan credit card kita bisa booking hotelnya langsung atau kalau kalian ga punya credit card, kalian bisa coba website goodviewtravel.com disana kita bisa booking hotel tanpa punya credit card. Di Singapura aku nginep di Mori Hostel Singapore yang lokasinya di Farrer Park, hasil browsing sana-sini, hostel ini punya review yang bagus di Tripadvisor dan di forum-forum traveler lainnya so aku putuskan untuk memilih hostel ini. Kenapa hostel? Ya karena ini Singapura. Singapura merupakan salah satu negara dengan harga hotel termahal, jadi ya mimpi dulu deh buat bisa menginap di hotel bintang lima di Singapur. 

Dan ternyata aku ga menyesal untuk stay di hostel ini, karena jarak hostelnya lumayan dekat dengan stasiun mrt Farrer Park, kurang lebih 10 menit jalan kaki. Selain itu kasurnya pun besar dan empuk, tapi kita harus pasang seprei dan sarung bantal sendiri yah. Oiya di kamar yang aku tempatin, terdiri dari 3 kasur bunk bed yang dapat ditempati sampai dengan 6 orang, masing-masing tempat tidur dilengkapi dengan lampu tidur dan universal adaptor, beruntungnya malam itu yang menginap di kamar itu cuma aku dan ade aku, waaahhh senangnyaa..Untuk menginap di hostel ini, kita harus menyediakan uang sebesar 20 SGD sebagai deposit key, karena aku berdua jadinya kita desposit 2 key biar ga ribet kalau mau kemana-mana. Mahal yah :( Hostel ini juga menyediakan free wifi yang kenceng banget tapi anehnya dia ga bisa menangkap sinyal handpohone di kamar ini. Cuma kekurangannya adalah kamar mandinya emang shared tapi ga dipisah antara perempuan dan laki-laki, jadi siap-siap aja papasan sama cowok pas kita mau mandi atau ke wc. 

Pojok Hostel
Suasana di dalam female dorm
Maaf ya berantakan
Ini tempat breakfastnya, kebetulan hostel ini menyediakan free breakfast yaitu cereal + susu dan roti-rotian, cukuplah untuk mengganjal perut sampe siang nanti.
Untuk waktu liburan yang sangat singkat itu, cukup padat juga sih jadwal yang aku buat, alhamdulillah semuanya kesampean. 

Salah satu tujuan liburan yang aku masukkan adalah maen di Universal Studio Singapore, untuk tiketnya pun aku beli online lewat Sunburst Adventure, alhamdulillah belum pernah kecewa beli di travel ini, coba aja cek-cek websitenya, banyak penawaran-penawaran yang menarik lho.

Hari senin malam aku pulang menumpang pesawat lion air, delay 1 jam dan cuaca cukup cerah, jadinya ga ada goncangan yang berarti. 

Begitulah cerita persiapan trip aku + sedikit review transportasi dan akomodasi. 

Tunggu cerita lengkapnya yah.

You Might Also Like

4 comments

  1. halo ka mau nanya, itu lantainya ga ada ubinnya ya? terus kalo abis sarapan cuci piring sendiri atau engga kak? soalnya aku mau nginep di mori juga hehe thanks before :))

    ReplyDelete
  2. Halo maap baru reply..
    Iya lantainya ga ada ubinnya.. Jadi kalo ga pake sepatu atau sendal di kamar, kayak agak pasir2an gitu *apa deh bahasanya*

    Biasanya kalo nginep di hostel emang ada peraturan buat cuci sendiri piring ama gelas yg dipake.

    ReplyDelete
  3. kak maaf nanya lagi hehehe jadi intinya cuci piring sendiri atau engga kak abis sarapan? maaf ya kak hehe makasih banyakkk :)

    ReplyDelete
  4. Iyaa piring sama gelasnya dicuci sendiri yaa..
    Selamat liburan :)

    ReplyDelete

Subscribe