Itinerary Day 1 : Jakarta - Kuala Lumpur

12:10:00 PM

Assalamu'alaikum Guys,

Sesuai janji aku yang yeaaay akhirnya berhasil ditepatin, aku akan tuliskan rincian perjalanan aku selama trip KL- Singapore tanggal 6-8 Desember 2014 kemaren.

Here we go.....

06 Desember 2014

04.00 - 05.00 : Perjalanan Cibubur - SHIA
* Pada kenyataannya aku baru berangkat pada pukul 04.45, karena kebetulan aku sudah check-in online dan sekalian mau sholat subuh di rumah aja biar ga repot di bandara dan sampai di bandara pada pukul 05.45.

06.25 - 09.25 : CGK - KLIA2
* Oke setelah sampai di airport langsung menuju terminal 3 yang mana merupakan rumahnya Air Asia, dan langsung aja naik ke ruang tunggu, baru duduk 10 menit, kita udah dipanggil untuk boarding, alhamdulillah sesuai rencana. Berjalan ke pesawat akan dicegat oleh mbak-mbak cantik untuk pembayaran boarding pass sebesar Rp. 150.000 dan pengecekan passport di bagian imigrasi. Oiya untuk penerbangan ini, biaya tiket nya sebesar Rp. 614.327 untuk 1 orang, itu udah termasuk biaya tempat duduk dan tiket skybus untuk mengantar kita ke KL sentral, skybus ini akan lebih murah kalau kita beli online, yaitu Rp. 25.347, kalau kita beli on the spot sih, kabarnya kita harus bayar sebesar 9 RM, lumayan kan kelebihannya bisa untuk beli teh tarik.

Di perjalanan, errr..kita ga ngapa-ngapain sih, dan untungnya saking excitednya, tiba-tiba kita udah nyampe aja di bandara KLIA2. Bandara ini adalah bandara baru yang dibangun untuk menggantikan LCCT.

10.15 - 11.30 : KLIA2 - KL Sentral
* Setelah turun dari pesawat, cukup jauh lho perjalanan sampai ke imigrasi, tapi ya dinikmati aja, namanya pun lagi liburan :) Setelah melalui imigrasi dengan mulus, aku langsung berencana untuk segera membeli sim card, karena sebagai traveler yang pergi tanpa tur dan terlahir tanpa mempunyai kemampuan untuk membaca peta manual, keberadaan google maps itu sesuatu yang wajib, hehe dan tentunya untuk buka google maps kita butuh online selalu. Dari hasil googling, aku menemukan bahwa maxis cukup bagus jaringannya dan kebetulan sekali counter maxis ada di luar pintu kedatangan. So, dengan 9 RM, aku sudah bisa eksis lagi deh di dunia maya.

Dari sana kita celingak celinguk untuk mencari arah skybus berada, ternyata gampang kok dan petunjuk-petunjuk nya sangat jelas, kalaupun kita kesulitan, silahkan bertanya pada para petugas disana, mereka cukup ramah melayani pertanyaan-pertanyaan kita.

Setelah berhasil menemukan dimana sky bus berada, pas sekali bus ini sedang akan berangkat menuju KL Sentral, ga pake lama setelah kita naik, bus ini segera berangkat. Ketika itu aku melihat jam tangan menunjukkan pukul 10.30, ternyata lebih 15 menit dari jadwal yang aku buat, hehe.. Dengan waktu tempuh selama 1,5 jam, sampailah kita di KL Sentral tepat pada pukul 12.00. KL Sentral itu merupakan pusat dari stasiun kereta KL, dimana pergantian kereta terjadi disini. Karna kebetulan tante aku menetap diKL dan dia punya waktu buat nemenin kita jalan-jalan, aku dan tante aku janjian di KL Sentral. Liat sana liat sini belum ketemu wujudnya, akhirnya kita putuskan untuk makan siang terlebih dahulu di Burger King, Saat itu aku menghabiskan kurang lebih 30RM untuk 2 paket burger, yaitu 2 beef burger, 2 kentang, dan 2 pepsi.

Selagi makan, akhirnya tante aku datang diantar suaminya. Setelah makan dan ngobrol-ngobrol sedikit, kita bergegas bergerak karena aku hanya punya waktu sampai dengan pukul 23.00 malam ini di KL. Kita beranjak pergi ke tempat penitipan koper, tempat ini tepat berada di bawah tangga, dengan biaya 15 RM, 2 koper milik aku dan anin bisa dimasukkan ke dalam lokernya.

11.30 - 12.00 : KL Sentral - Batu Caves
* Pada kenyataannya kita baru berangkat ke Batu Caves pada pukul 12.30, dengan harga tiket sebesar 1 RM, dalam waktu tempuh kurang lebih 20 menit, kita udah sampai di Batu Caves. Lucunya, tante aku yang udah tinggal di KL selama 10 tahun malah belum pernah datang ke tempat ini. Kebetulan saat itu cuacanya sangat panas dan sangat silau.

12.00 - 13.00 : Explore Batu Caves
* Karena baru sampai sekitar jam 13.00 siang, so mundur deh semua jadwalnya

Kita bisa naik melalui ratusan anak tangga untuk sampai ke dalam gua, melihat banyaknya tangga yang harus dinaiki, kita udah nyerah duluan deh, hehehe..

Ternyata disini banyak banget burung, karena banyak manisan-manisan india kali ya. Di tempat ini banyak sekali orang india nya, ya iyalah, ga liat apa ada patung hindu segede apaan tau. Patung itu besar sekali lho aslinya. Tempat ini sering dipake untuk acara-acara keagaman umat Hindu.
Kita ga lama disini, selain karena panas banget, kita juga harus segera pergi ke tempat berikutnya. Oiya, untuk masuk ke tempat ini ga perlu bayar ya.

13.00 - 13.30 : Batu Caves - KL Sentral
* Setelah berpanas-panasan ria selama 20 menit, kita memutuskan untuk segera pergi ke tujuan selanjutnya. Seharusnya dari sini kita kembali ke KL Sentral dan berganti naik LRT menuju Central Market. Tapi karena pergi bersama tante aku yang lebih tau seluk beluk per-KL an, dia menyarankan untuk pergi ke dataran merdeka dl, karena kita ga perlu kembali dulu ke KL Sentral. Setelah solat di Stasiun Batu Caves, kita meneruskan perjalanan menuju dataran merdeka dengan biaya 2 RM, tapi maaf aku lupa kita turun di stasiun apa. Hehehe.. gini deh kalau ditemenin jalan-jalannya, tinggal duduk dan menerima petunjuk saja. Oiya, karena di postingan kali ini aku mencoba melihat kesesuain antara jadwal yang aku buat dan faktanya di lapangan, jadi itin nya akan terus aku tuliskan ya.

13.30 - 13.50 : KL Sentral - Pasar Seni
* Faktanya kita ga kembali ke KL Sentral dan meneruskan perjalanan ke Dataran Merdeka. Saat itu, waktu menunjukkan pukul 14.00 dan kita mampir makan siang dulu di salah satu departemen store yang mana aku juga pun lupa namanya apa. Disana aku makan nasi lemak dan minum teh tarik, heeem.. aku sudah memutuskan selama di KL, aku harus selalu minum teh tarik, hahaha.. kapan lagi mencoba minum ini di tempat asalnya, yang mana rasanya pun jauh lebih enak. Karena judulnya sehari bersama tante, jadi ya makan pun ditraktir dooong, yeaaay.. Sehabis makan, sekitar pukul 15.00, kita melanjutkan perjalanan kembali yuk.

13.50 - 15.00 : Explore Pasar Seni dan Sholat di Masjid Jamek
* Begitulah rencana yang aku buat, aslinya kita udah keburu sholat di stasiun Batu Caves dan memutuskan untuk ke Dataran Merdeka dulu sebelum ke Pasar Seni. Dan Sedihnya sepanjang jalan kali dari departemen store menuju Dataran Merdeka, sepatu yang aku gunakan copot, hiikks dan terpaksa lah cari sendal dimanapun untuk segera menggantikan sepatu kesayangan aku, huhuhu.. Singkat cerita, setelah perjuangan mencari sendal, sampailah kita di Dataran Merdeka. Woooow kereeen banget tempatnya. Aku suka sekali tempat ini, kayaknya seru banget kalau bisa nongkrong di sini sore-sore sambil gosip-gosip cantik.

Maapkan tongsisnya

15.00 - 15.20 : Mesjid Jamek - KLCC
* Hehe.. berangkat ke Dataran Merdeka aja udah pukul 15.00. Nyampe disini sekitar pukul 15.30 dan foto-foto dooong sampe sekitar pukul 17.00. Sebenarnya dari sini sudah dekat untuk ke mesjid Jamek, tapi karena kita sudah sholat dan waktu itu juga sedang dilakukan beberapa perbaikan, akhirnya kita memutuskan untuk segera pergi ke tujuan selanjutnya yaitu Central Market

15.20 - 18.00 : Explore KLCC

* Dari Dataran Merdeka kita naik LRT tujuan Central Market. Disana kita cuma liat-liat aja sambil minum kopi tarik di lantai foodcourtnya, karena kata tante aku kalau mau beli oleh-oleh, di petaling street lebih murah. Setelah ngopi-ngopi cantik, yuuk ke petaling street.

Harga disini emang lebih murah dibandingkan di central market, dan kebetulan tante aku punya langganan buat beli oleh-oleh, yeaay ikutan dapet diskon deh. Disini aku beli 2 tas logo KL gt, beberapa kaos dan magnet kulkas. Di jalan kita sempet beli cemilan *duuh lupa juga namanya* pokoknya dia kayak biji nangka yang direbus itu lho, cuma kalo disini, dia kayak dibakar gitu, enyaak..

Setelah cukup keliling-kelilingnya, kita segera ke tujuan selanjutnya, yaitu Bukit Bintang. Dari petaling street, kita naik bis. Heem.. supirnya agak ugal-ugalan ya kalo menurut aku, jadi harus banget hati-hati di dalem bis, kalau ga bisa senggolan deh sama mas-mas india di depan, aheiii..

Bukit Bintang sebenarnya kumpulan mal-mal besar gitu di KL. Aku cuma lihat-lihat sebentar ke H&M dan Charles Keith, harganya sih sama aja ya sama Indonesia. Berharap menemukan diskon karena sudah mulai masuk christmast eve, tapi kecepatan wooy, diskonnya belom mulai. Ya udah deh, kita foto-foto aja.

18.00 - 18.20 : KLCC - Bukit Bintang
* Jadi di jadwal yang aku buat, seharusnya kita ke KLCC dulu baru ke Bukit Bintang. Tapi yang terjadi adalah kebalikannya, hehe.. dan jamnya juga udah ga sesuai, karena kita baru jalan dari Bukit Bintang itu sekitar jam 19.30. Dari Bukit Bintang, masuk aja ke dalam pavilion dan dari sana kita akan ngelewatin semacam jembatan gitu yang menghubungkan Bukit Bintang dengan KLCC, jembatannya adem dan beruntungnya jalan yang menuju KLCC lebih menurun dibanding sebaliknya yang agak mendaki, huuuh untung aja pake rute yang ini. Tapi lumayan juga sih jalannya, jauh book..

18.20 - 21.00 : Explore Bukit Bintang
* kebalikannya mari kita explore KLCC, ada apa sih disini. Aku ga masuk kedalam mall nya sih, KLCC Suria, karena ya kayaknya sama aja sih sama mall- mall yang ada di Jakarta, jadi kita prefer main di tamannya KLCC. Ketika akhirnya pandangan aku mengarah ke Twin Tower, wooow..wooww..woooww.. apa ya? woooww deh ngeliat cahaya gemerlap putihnya. Norak ya?! hahahaah...

Kualitas gambar seadanya karena motonya cuma modal kamera depan iphone aja, *duuh mba baju item, misi dooong*

Di KLCC park, tiap malam ada pertunjukan air mancurnya, dimana menggabungkan unsur air, lampu dan musik. Betah deh lama-lama disini.
Sayangnya kita ga bisa lama-lama disini, karena waktu udah menunjukkan pukul 21.00 dimana kita harus segera ke KL Sentral lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Singapura.

21.00 - 21.20 : Bukit Bintang - KLCC
* tetot, macam mana pula sih jadwal ini. Ngapain juga kita bolak-balik ngelewatin jembatan yang jauhnya minta ampoon itu, maklum jadwal ini aku buat berdasarkan hasil googling sana-sini aja, hehe..

Jam 21.30 kita udah tiba kembali di KL Sentral, mau makan masakan melayu di food courtnya gitu tapi ternyata udah pada tutup, ya udah deh kita makan McD aja. Tadinya aku beli apple pie yang tersohor itu, tapi karena udah keburu kenyang, akhirnya aku take away aja dan berakhir dengan benyek karna lupa dan ga kemakan deh jadinya, hurraahh..

Abis makan kita ambil koper di penitipan, terus sholat jamak akhir maghrib dan isya sambil masukin barang-barang yang kita beli tadi ke koper. Oke set, ready and go.

Tante aku nganterin sampe gate masuk ke kereta senandung malam, dengan 40 RM (Sebelumnya sudah beli online), aku dapet tiket dengan gerbong sleeper tapi di dek atas. Soalnya yang bawah udah sold out. Rada ribet juga sih naiknya, heem.. Mana kopernya ikut dinaikin juga. Dan kekurangannya adalah disana ga ada colokan, pffttt inilah yang membawa bencana di hari berikutnya. Ntar aku ceritan di Day 2 yaahh..

23.00 - 06.50 : KL Sentral - Woodlands
* Oke tepat jam 23.00, kereta berangkat. Bye KL..

Cukup banyak juga ya perbedaan waktu yang aku rencanakan dengan eksekusinya. Tapi alhamdulillah, walaupun ga sama tapi hampir semuanya terlaksana. Lumayan latihan bikin itinerary untuk perjalanan-perjalanan yang lain. Gimana Kesesuain itin day 2 dengan di lapangan? Tunggu cerita aku selanjutnya yaa.. *Kayak ada yang nungguin aja*