Itinerary Day 2 : Kuala Lumpur - Singapore

10:22:00 AM

Assalamu'alaikum Guys...

Ya ampun udah basi banget ga sih kalo aku nerusin cerita trip ini yah. Tapi yowes, kita terusin aja yaah. Abis ini aku masih punya banyak banget hutang postingan. Mari kita cicil :p

Oke lanjut ke Day 2 ya, tanggal 7 Desember 2014. Konsep penulisannya masih sama kayak Day 1, supaya bisa jadi perbandingan kalo itin yang dibuat itu cuma bisa jadi masterplan aja, tapi tetep yang terjadi kenyataannya lebih sering ga sesuai, hehe..

06.50 - 07.30 : Woodland Station
* Alhamdulillah pagi ini kita sudah sampai di Singapur. Sebelumnya sekitar jam 5 pagi gitu kita diturunin di stasiun johor baru sebagai batas antara Malaysia dan Singapur. Kita harus turun untuk melakukan pengecekan paspor dan pengecapan sebagai tanda kita sudah keluar dari Malaysia. Saat ini kita harus menurunkan semua bawaan kita lho, ribet juga deh kalo yang bawa koper gede-gede. Setelah pengecekan paspor selesai kita diminta kembali lagi ke kereta dan nerusin perjalanan ke Singapur.

Nah setelah sampai di stasiun, kita harus mengisi kartu imigrasi yang nantinya disobek dan inget sobekannya harus disimpan ya karna nanti ketika kita keluar, sobekannya itu akan diminta kembali.

Dari Woodlans station, aku nerusin perjalanan untuk menuju ke stasiun Bugis. Tapi sayangnyaa walaupun aku sudah punya petunjuk untuk menuju ke stasiun Bugis, ternyata aku salah turun sodara-sodara. Walhasil yang seharusnya menurut jadwal jam 09.00 aku sudah di Stasiun Farrer Park, berakhir dengan nyampe Stasiun Farrer Park jam 11.00 dan yang lebih sedihnya lagi, batere henpon kita semua matot karena kebetulan di kereta yang kita naikin ga ada colokan, kerenan kereta api di indonesia dong yaah.

Nah gini nih seharusnya cara menuju Stasiun Farrer Park dari Stasiun Woodland :
1. Kita harus naik taksi atau bus ke Woodlands MRT Station. No busnya : 178, 903, 911, 911E, 912, 912E, 913, 913E, 950. Cara naiknya dari depan dan kita harus bayar dengan uang pas. Kalau ga salah ongkosnya 3,4 SGD. Karna ga punya uang pas akhirnya kita bayar dengan uang 10 dollar untuk berdua tanpa kembalian :(

2. Cara kedua kita bisa naik bus dengan tujuan Marsiling MRT Station. No busnya : 950

3. Cara ketiga, naik bus dengan tujuan Kranji MRT Station. No bus : 170

Intinya kita bisa pilih naik bus dengan 3 tujuan tersebut yang mengantarkan kita ke stasiun MRT. Karna pada dasarnya kita sudah selamat kalau sudah berhasil menemukan stasiun MRT. Dari stasiun MRT sudah gampang untuk pergi ke tempat yang kita inginkan karena petunjuknya sudah sangat jelas.

07.40 - 09.00 : Woodlands MRT Station - Farrer Park MRT
* Karena salah turun dan berakhir nyasar, kita baru nyampe di Farrer Park itu jam 11. Dari sini mudah banget menemukan hostel kita, Mori Hostel. Cari exit B dan berjalan lurus aja sampe nanti ketemu hostelnya deh di sebelah kiri. Disini kita numpang mandi dan siap-siap untuk pergi ke tujuan selanjutnya. Karena belum boleh check-in, kita boleh nitipin koper kita di resepsionis.

09.30 - 11.00 : Explore Merlion Park
11.30 - 14.30 : Explore Orchard Rd
14.30 - 16.30 : Explore Bugis - Kampung Glam
17.00 - 20.00 : Explore Garden By The Bay dan Marina Bay
* Setelah henpon dicharger, muncul lagi masalah baru yaitu kita belum punya no lokal singapore yang berarti kita ga bisa browsing. Mengapa browsing menjadi kebutuhan utama, karena kita buta peta manual kakaaak. Harus berterima kasih banget deh sama yang bikin Google Maps, jalan-jalan jadi aman sentosa bahagia pake app ini. Akhirnya kita mutusin buat ke Bugis aja untuk cari-cari kartu lokal. Pukul 13.00, abis mandi dan beres-beres kita cuss ke bugis. Di stasiun MRT Bugis, keluar Exit C, maka keluarnya disamping Bugis Junction (Mall) tinggal jalan kaki sedikit pindah gedung ke sebelah kiri. Disini banyak dijual no lokal singapor, tinggal dipilih aja yang mana yang cocok. Setelah beli nomor, kita numpang ngelanjutin ngecas di starbuck sambil ngemilin old chang kee :p abis itu kita lanjut ke bugis street, pusat oleh-oleh (baru nyampe udah beli oleh-oleh aja -_-)

Nah tuh keliatan kan bugis streetnya
Abis belanja sekitar pukul 16.00, perut mulai keroncongan karena emang belum diisi dari tadi pagi, heran deh kalo lagi jalan-jalan gitu suka lupa makan saking riweuhnya, hahaha.. So dari bugis street pengen nyobain salah satu martabak yang paling terkenal di Singapore dan halal pula, yaitu Martabak Zum-Zam.

Porsinya gede banget jadi kita cuma pesen 1 porsi aja. Martabak ini ada di area Arab Street, di kawasan Nort Bridge Road, ga jauh dari seberang Masjid Sultan Singapur. Setelah makan dan sholat kita mampir ke daerah Haji Lane yang hip itu. Toko-tokonya emang lucu-lucu sih, tapi mahal bingits deh, jadi kita poto-poto aja di depan tokonya, hehe..

Maapkan foto kotak sampahnya yaa, haha
Jadi itin diatas udah ga sesuai semua ya, jadi nyesuain sama keadaan aja. Beres di daerah Bugis, kita terus ke daerah Orchard Rd. Abis tawaf di Orchard Rd, jam nunjukin pukul 20.30. Dan kita buru-buru mau ke marina bay buat nonto pertunjukan water laser gitu deh. Eeeeh nyampe di marina bay, show nya udah keburu abis. Ya udah kita istirahat aja deh sambil pijet-pijet kaki. Setelah cukup istirahatnya, yuk kita pulaang. Niatnya pengen mampir ke mustafa centre karna buka 24 jam tapi apa daya udah ga kuat so kita pilih istirahat aja karna besok kita mau maeen di USS.